Ketahui Macam-macam Ukuran Koper Sebelum Bepergian Naik Pesawat

Koper adalah item penting yang perlu dibawa saat akan bepergian jauh, terutama saat  bepergian naik pesawat. Hal ini karena koper memungkinkan kamu membawa pakaian dan barang-barang lain yang kamu butuhkan selama perjalanan dalam jumlah banyak. Koper akan membuat semuanya jadi ringkas sehingga kamu terhindar dari kerepotan membawa tentengan barang.  

 

Koper sendiri memiliki ukuran yang berbeda-beda. Setiap koper tentunya bisa digunakan sesuai dengan kebutuhanmu. Ada koper berukuran kecil yang bisa langsung kamu bawa ke dalam kabin pesawat. Selain itu, ada pula koper berukuran medium dan jumbo yang hanya bisa dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. 

Buat kamu yang belum tahu detail ukuran koper masing-masingnya berapa inci, di bawah ini telah dijelaskan berbagai macam standar ukuran koper. Melalui artikel ini, kamu akan mengetahui koper dengan ukuran dan berat yang bagaimana yang boleh masuk kabin maupun bagasi pesawat. Yuk, simak artikel berikut!

 

Macam-macam standar ukuran koper 

Umumnya, koper dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu koper kabin, koper sedang, dan koper besar. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut:

 

Koper ukuran kabin

koper kabin 20 inch

Carry On Luggage 20 inch – Koper kabin Buttonscarves

 

Melansir dari laman resmi iata.org, International Air Transport Association (IATA), koper kabin atau koper yang diperbolehkan masuk kabin, memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung dari kebijakan setiap maskapai. Namun biasanya, ukuran koper yang boleh dibawa ke kabin pesawat memiliki panjang maksimal 22 inci (56 cm) x 18 inci (45 cm) x 10 inci (25 cm).

 

Adapun beberapa maskapai di Indonesia, seperti Air Asia, Citilink, dan Garuda Indonesia menetapkan ukuran koper maksimal 22 inch. Sedangkan Lion Air menetapkan ukuran maksimal koper yang boleh masuk kabin adalah 16 inch. 

 

Jika kamu sedang mencari koper kabin, temukan koper kabin 20 inch dari Buttonscarves di sini!

 

Ukuran sedang

 

koper bagasi ukuran medium 26 inch

Check in Luggage 26 inch – Koper bagasi Buttonscarves ukuran medium

 

Ukuran koper sedang biasanya sekitar 24-28 inci x 18-20 inci x 10-14 inci atau sekitar 61-71 cm x 45-50 cm x 25-35 cm.  Tinggi koper ini sekitar dengkul orang dewasa. Koper ini cukup memuat pakaian dan barang-barang untuk perjalanan selama seminggu atau lebih. Berat yang bisa ditampungnya sekitar 26 kg.

 

Koper berukuran sedang ini sudah dipastikan tidak bisa masuk kabin pesawat. Oleh karena itu, bagi kamu yang berencana bepergian menggunakan koper berukuran 26 inch, disarankan untuk spare waktu lebih awal, yaitu maksimal 2 jam sebelum waktu keberangkatan karena harus mengantri bagasi.

 

Temukan koleksi koper bagasi medium 26 inch dari Buttonscarves di sini!

 

Ukuran besar 

koper bagasi ukuran besar 28 inch

 

Check in Luggage 28 inch – Koper bagasi Buttonscarves ukuran besar 

 

Terakhir, ada ukuran koper besar. Ukuran koper besar biasanya sekitar 28-32 inci x 20-24 inci x 12-16 inci atau sekitar 71-81 cm x 50-61 cm x 30-40 cm. Jika kamu akan membawa barang bawaan yang banyak, koper dengan ukuran 28 inci ini bisa menjadi pilihan. Koper ini  bisa menampung barang bawaan sekitar 35 kg, cocok untuk kamu yang sering mudik bersama keluarga dengan pesawat. 

 

Namun hal yang mesti kamu perhatikan, batas berat koper di bagasi terdaftar setiap maskapai berbeda-beda, ada yang 20 kg, 32 kg, hingga 40 kg. Jika kamu membawa lebih dari bobot yang dipinjam, maka kamu harus membayar biaya tambahan.

 

Beli koper ukuran besar  28 inch dari Buttonscarves di sini untuk memuat seluruh barang bawaanmu!

 

Cara memilih koper yang tepat

Koper bisa menjadi investasi jangka panjang, khususnya bagi kamu yang suka bepergian. Saat dipilih dengan tepat, koper bisa menjadi investasi yang dapat digunakan dalam waktu yang lama. Berikut adalah tips buat kamu yang akan membeli koper:

 

Pertimbangkan ukuran dan kapasitas

Pilih koper dengan ukuran dan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan perjalananmu. Jika sering bepergian dalam waktu yang lama, pertimbangkan untuk menggunakan koper ukuran sedang atau besar agar kamu memiliki cukup ruang untuk membawa semua barang yang diperlukan. Namun, jika hanya untuk perjalanan singkat, koper kabin mungkin sudah cukup untuk membawa barang bawaanmu.

 

Pertimbangkan bahan dan kualitas koper

Pastikan koper terbuat dari bahan yang tahan lama serta berkualitas tinggi, seperti material polikarbonat yang kuat dan awet. Koper dengan material tersebut dapat  melindungi barang-barangmu di dalamnya dengan baik dan mengurangi risiko kerusakan selama perjalanan.

 

Roda yang kokoh dan sistem pengunci yang aman

Periksa bagaimana roda dan pegangan pada koper. Lalu, pastikan bahwa mereka tidak mudah rusak atau pecah. Begitu pula dengan sistem pengunci, pastikan kamu memilih koper dengan sistem pengunci yang aman, seperti kombinasi angka atau kunci TSA. Hal ini penting untuk menjaga keamanan barang bawaanmu selama perjalanan.

 

Baca Juga: Mau Liburan? Ini Dia Tips Packing Koper Tanpa Ribet!

 

macam macam standar ukuran koper

 

Apabila kamu sedang mencari koper untuk menemani perjalananmu, koper dari Buttonscarves dapat jadi pilihan yang sempurna. Terbuat dari bahan polikarbonat dan zync alloy, luggage koleksi Buttonscarves didesain ringan, namun sangat kuat dan mampu melindungi barang-barang yang kamu bawa saat bepergian.

 

Tampak bagian dalam Buttonscarves Luggage

 

Tampak bagian dalam Buttonscarves Luggage

 

Koper atau luggage ini juga mempunyai desain yang elegan dengan logo khas B dan dilengkapi pula dengan roda putar 360° serta sistem pengunci berupa kunci kode angka agar lebih aman. Tersedia dalam ukuran kabin, sedang, dan besar, kamu bisa membeli luggage Buttonscarves di website Buttonscarves atau di toko offline Buttonscarves Lifestyle terdekat.